El Chapo Guzman atau Joaquín Guzmán Loera

El Chapo Guzman EscapesJoaquín Archivaldo Guzmán Loera (lahir 25 Desember 1954 atau 4 April 1957) adalah mantan raja narkoba Meksiko yang memimpin Kartel Sinaloa, organisasi kriminal yang namanya berasal dari daerah tempat berdirinya di negara bagian Sinaloa. Dijuluki "El Chapo Guzmán" ("Guzmán Pendek", diucapkan [el ˈtʃapo ɡuzˈman]) karena tinggi badannya 1.68 m (5 ft 6 in), ia menjadi raja narkoba Meksiko pada tahun 2003 setelah saingannya, Osiel Cárdenas dari Kartel Teluk, ditangkap. Sampai penangkapannya bulan Februari 2014, ia masih dianggap sebagai "penyelundup obat-obatan paling berkuasa di dunia" oleh Departemen Keuangan Amerika Serikat.

Guzmán Loera masuk dalam daftar tokoh paling berkuasa di dunia versi Forbes setiap tahunnya sejak 2009 di peringkat 41, 60, dan 55. Ia menjadi orang terkaya ke-10 di Meksiko (ke-1.140 di dunia) pada tahun 2011 dengan kekayaan bersih sekitar US$1 miliar. Majalah Forbes juga menjulukinya "raja narkoba terbesar sepanjang masa", dan DEA sangat yakin pengaruh dan jangkauan Loera sudah melampaui Pablo Escobar. DEA saat ini menganggapnya sebagai "mafia narkoba dunia". Pada tahun 2013, Chicago Crime Commission mencap Guzmán sebagai "Musuh Masyarakat Nomor Satu" dikarenakan pengaruh jaringan kriminalnya di Chicago, walaupun belum ada bukti bahwa Guzmán pernah menginjakkan kaki di kota itu. Orang terakhir yang menyandang gelar tersebut adalah Al Capone pada tahun 1930.

Kartel Sinaloa pimpinan Guzmán menyelundupkan kokain berbobot beberapa ton dari Kolombia melalui Meksiko ke Amerika Serikat, konsumen terbesar dunia, dan memiliki sel pengedar di seluruh A.S. Organisasi ini juga terlibat dalam produksi, penyelundupan, dan pengedaran metamfetamin, marijuana, dan heroin di Meksiko. Saat ia ditangkap tahun 2014, Guzmán telah mengimpor narkoba ke Amerika Serikat lebih banyak daripada penyelundup lainnya.

Guzmán ditangkap tahun 1993 di Guatemala, lalu diekstradisi dan dihukum 20 tahun penjara di Meksiko atas tuduhan pembunuhan dan penyelundupan obat-obatan terlarang. Setelah menyuap sipir penjara, ia berhasil kabur dari penjara federal berkeamanan maksimum tahun 2001. Ia menjadi buronan pemerintah Meksiko, Amerika Serikat, dan INTERPOL. A.S. menawarkan hadiah US$5 juta kepada siapa saja yang memberikan informasi seputar keberadaannya, dan pemerintah Meksiko menawarkan hadiah 30 juta peso (sekitar US$2 juta) untuk informasi tentang Guzmán. Guzmán kembali ditangkap pihak berwenang Meksiko di Meksiko pada tanggal 22 Februari 2014. Saat itu ia berada di dalam kondominium Miramar lantai 4 di 608 Avenida del Mar, Mazatlán, Sinaloa, dan ia ditangkap tanpa perlawanan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "El Chapo Guzman atau Joaquín Guzmán Loera"

Posting Komentar