Satoru Iwata - CEO dan Presiden Nintendo

Biografi Profil Biodata Satoru Iwata Biogrphy Meninggal Dunia Wikipedia IndonesiaSatoru Iwata ( Jepang : 岩田 Hepburn : Iwata Satoru, 6 Desember 1959 - 11 Juli 2015) adalah seorang pengusaha Jepang dan programmer yang menjabat sebagai Presiden keempat dan chief executive officer (CEO) dari Nintendo.

Dia bekerja sebagai programmer di HAL Laboratorium awal karirnya sebelum bergabung Nintendo pada tahun 2000, menggantikan Hiroshi Yamauchi sebagai presiden perusahaan pada Mei 2002. Iwata diarahkan perusahaan untuk mengejar pengembangan Nintendo DS dan Wii konsol pada tahun 2006, membantu perusahaan untuk menjadi sukses secara finansial antara produsen konsol game lainnya. Ia menjabat sebagai presiden perusahaan sampai kematiannya pada Juli 2015.

Iwata lahir pada tanggal 6 Desember 1959 dan dibesarkan di Sapporo, Jepang ; ayahnya adalah seorang walikota kota. Ia menyatakan minatnya dalam penciptaan video game awal, dan mulai memproduksi permainan elektronik di rumahnya selama ia sekolah tinggi tahun. Beberapa game nomor sederhana Iwata dihasilkan memanfaatkan kalkulator elektronik ia berbagi dengan teman sekolahnya. Setelah SMA, Iwata dirawat di Tokyo Institute of Technology , di mana ia mengambil jurusan ilmu komputer. Saat menghadiri sekolah ia melakukan pekerjaan freelance sebagai programmer untuk Laboratorium HAL, Inc. pengembang game yang sering berkolaborasi erat dengan Nintendo.

Pada tahun 2000, Iwata mengambil posisi di Nintendo sebagai kepala divisi perencanaan perusahaan. Ketika Hiroshi Yamauchi , presiden perusahaan sejak tahun 1949, pensiun pada tanggal 31 Mei 2002, Iwata berhasil sebagai presiden keempat Nintendo dengan berkat Yamauchi, serta Yamauchi akan menyarankan Iwata selama beberapa tahun ke depan. Ia adalah presiden Nintendo pertama yang berhubungan untuk keluarga Yamauchi melalui darah atau perkawinan. Iwata terus membantu di HAL sebagai konsultan.

Pada tahun 2014, Nintendo mengumumkan bahwa Iwata tidak akan hadir di E3 2014 karena alasan medis terkait. Ia kemudian mengungkapkan bahwa ia menjalani operasi untuk tumor dalam bukunya saluran empedu. Pada tanggal 12 Juli 2015, Nintendo mengumumkan bahwa Iwata meninggal pada usia 55 karena komplikasi dengan empedu pertumbuhan duktus pada 11 Juli 2015. Dia meninggalkan seorang istri Kayoko. Presiden sekaligus CEO Nintendo, Satoru Iwata meninggal dunia karena penyakit kanker yang dideritanya. Menurut pengumuman Nintendo, Iwata meninggal pada usia 55 tahun, Sabtu (11/7/2015). Layanan pemakaman direncanakan akan digelar pada 17 Juli 2015.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Satoru Iwata - CEO dan Presiden Nintendo"

Posting Komentar