Duke Kahanamoku - Bapak Surfing Dunia

Duke Kahanamoku - Bapak Surfing DuniaDuke Kahanamoku merupakan legenda surfing asal Amerika. Dalam mesin pencari terbesar itu menggunakan tema Duke Kahanamoku sebagai hari lahir yang bertepatan pada tanggal 24 Agustus. Duke Kahanamoku terdaftar sebanyak lima kali mendapat mendali emas di cabang renang sebagai wakil dari Amerika Serikat. Ia juga di kenal dengan nama “Kahuna Besar”, yaitu seseorang pria keturunan ningrat asal Hawaii.

Duke Kahanamoku asli orang hawaii, lalu berpindah ke Amerika Serikat dan pernah berperan sebagai bintang film. Dengan langkah tersebut, ia bisa bekerjasama dengan beberapa orang disana sekaligus bisa mempublikasikan olahraga surfing. Duke Kahanamoku pernah bergabung di Los Angeles Athletic Club.

Perlu diketahui bahwa Duke Kahanamoku di besarkan di pantai Hawai. Disanalah ia belajar berenang sampai membuat prestasi. Duke Kahanamoku juga pakar dalam soal papan surfing. Ia pernah membuat papan surfing terpanjang. Bahkan juga jadi sorotan media sesudah berhasil berdiri selama 3 jam diatas papan surfing.

Pada tanggal 14 Juni 1925, Duke Kahanamoku mencatatkan momen bahwa ia pernah menyelamatkan nelayan yang kapalnya terbalik di Newport Beach California. Dengan melakukan surfing, Dua teman peselancar lain yang menenami Kahanamoku juga menyelamatkan 4 orang nelayan. Kepala polisi Newport mengatakan usaha penyelamatan Kahanamoku dengan memakai selancar juga sebagai suatu aksi super penyelamatan dengan papan surfing yang pernah ada didunia.

Semua prestasi yang sudah ditorehkan Duke Kahanamoku, bukan hanya sebagai penyelamat, melainkan juga menjuarai beberapa event-event surfing dan poli air di masanya. Lumrah saja jika di hari ulang tahunya pada hari ini Google memperingatinya dengan menempatkan doodle yang bergambar wajah komplit dengan latar belakang pantai Hawaii serta logo papan selancar sebagai background fotonya.

1. Duke Kahanamoku Dikenal sebagai Raja Renang
Semenjak Dia muda, Kahanamoku telah memperlihatkan banyak hebatnya, khususnya pada masalah renang dan surfing. Buktinya, pada usia 20 tahun, Ia telah sukses memecahkan langsung 3 rekor dunia untuk renang gaya bebas. Ia pun selanjutnya jadi tim renang di olimpiade Amerika, tahun 1912. Salah satu teknik yang sampai sekarang dikenal adalah ‘Tendangan Kahanamoku’, yang menjadi rekor renang pada renang 100 meter gaya bebas di Olimpiade Stockholm.

2. Duke Kahanamoku Jadi superhero di tahun 1925
Selain menjadi legenda surfing, Duke Kahanamoku pun adalah seorang tentara. Ia sempat menjadi penyelamat heroik pada tahun 1925 waktu dia berumur 34 tahun. Waktu itu, ia sedang berselancar lalu ada sebuah kapal nelayan yang langsung tenggelam akibat terkena hantaman ombak Kahanamoku pun secara sigap melakukan penyelamatan. Ia sukses selamatkan 8 orang nelayan sengan kondisi masih hidup.

3. Duke Kahanamoku Sosok ‘penemu’ surfing
Untuk orang Amerika, Kahanamoku adalah penemu surfing. Walaupun memang tak begitu adanya, namun berkat dia sukses memperkenalkan surfing di Amerika. Duke Kahanamoku sukses sebar virus surfing sampai ke Australia dan Selandia Baru.

4. Duke Kahanamoku Pahlawan Hawaii
Saat ini Hawaii adalah masuk ke bagian di Amerika, dan hal tersebutt ternyata tak akanlepas dari peran Kahanamoku. Selaku peselancar, tentara, juga politisi, pria yang dikenal mempunyai senyuman khas itu, sukses bawa budaya Hawaii ke Amerika. Sebagai salah satu mengenang jasa dan ucapan terima kasih, pemerintah Hawaii langsung membuat patung tembaga dengan sosok Duke Kahanamoku di wilayah Wakiki.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Duke Kahanamoku - Bapak Surfing Dunia"

Posting Komentar