Zaha Hadid Mohammad - Arsitek Islam Dunia

Biografi Profil Biodata Biography Zaha Hadid Died - English ArsitekZaha Hadid atau Dame Zaha Hadid Mohammad adalah Arsitek ternama Inggris. Hadid lahir di ibu kota Irak, Baghdad, dan berkuliah di Beirut, Lebanon, untuk belajar matematika, sebelum menekuni bidang arsitektur di London. Pada 1979 ia mendirikan perusahaan Zaha Hadid Architects. Hadid memiliki kantor di London dan menangani proyek-proyek besar. Proyek besar pertamanya adalah menggarap kantor pemadam kebakaran Vitra di Weil am Rhein, Jerman. Karya lainnnya di antaranya Gedung Opera Guangzhou di Cina dan arena renang di kompleks Stadion Olimpiade London.

Selain itu ia juga menggarap sejumlah gedung di Hong Kong, Azerbaijan, dan Jerman. Wartawan seni BBC mengatakan karya-karya Hadid dikenal dengan lekukan dan sentuhan geometrik yang modern. Karya-karya Hadid mengantarkannya menjadi wanita pertama yang menerima medali emas dari asosiasi arsitek Inggris. Zaha Hadid, Arsitek Inggris meninggal dunia pada hari Kamis (31/04) dalam usia 65 tahun. Hadid yang lahir di Irak ini terkena bronchitis pekan ini dan mengalami serangan jantung ketika menjalani perawatan di Miami, Amerika Serikat.

Biografi Profil Biodata Biography Zaha Hadid Died - English ArsitekHadid lahir pada tanggal 31 Oktober 1950 di Baghdad. Dia dibesarkan di salah satu Baghdad pertama Bauhaus -inspired bangunan selama era di mana " modernisme dikonotasikan glamor dan pemikiran progresif" di Timur Tengah. Dia belajar matematika di Universitas Amerika di Beirut sebelum pindah untuk belajar di Asosiasi Sekolah Arsitektur Arsitektur di London, di mana ia bertemu Rem Koolhaas , Elia Zenghelis, dan Bernard Tschumi. Dia bekerja untuk mantan profesornya, Koolhaas dan Zenghelis, di Kantor untuk Metropolitan Arsitektur , di Rotterdam , yang Belanda ; ia menjadi mitra pada tahun 1977.

Melalui hubungan dia dengan Koolhaas, dia bertemu Peter Beras , insinyur yang memberi dukungan dan dorongan awal pada saat karyanya tampak sulit. Pada tahun 1980, ia mendirikan sendiri berlatih berbasis di London. Selama tahun 1980, dia juga mengajar di Asosiasi Arsitektur. Pada tanggal 31 Maret 2016, Hadid meninggal karena serangan jantung di sebuah rumah sakit Miami, di mana ia dirawat karena bronkitis. Dia adalah seorang warga negara naturalisasi dari Inggris.

Biografi Profil Biodata Biography Zaha Hadid Died - English ArsitekSebagai arsitek stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia FIFA 2022 , Hadid membela keterlibatannya dalam proyek, meskipun wahyu yang berkaitan dengan kondisi kerja yang dikenakan pada pekerja migran di Qatar. Dia mengakui bahwa ada masalah serius dengan jumlah pekerja migran yang telah meninggal selama pekerjaan konstruksi yang berkaitan dengan Piala Dunia. Dia juga mengatakan bahwa ia percaya itu adalah masalah bagi pemerintah Qatar untuk menyelesaikan.

Bahasa arsitektur Hadid telah digambarkan oleh beberapa orang sebagai "terkenal boros" dengan banyak proyek-nya yang disponsori oleh "negara diktator". Rowan Moore dijelaskan Hadid Heydar Aliyev Pusat sebagai "tidak begitu berbeda dari istana budaya kolosal panjang tercinta Soviet dan rezim yang sama ". Arsitek Sean Griffiths ditandai pekerjaan Hadid sebagai "sebuah kapal kosong yang menyebalkan dalam ideologi apa pun yang mungkin di dekat dengan itu". Seni sejarawan Maike Aden mengkritik khususnya penyitaan arsitektur Zaha Hadid dari MAXXI di Roma terhadap masyarakat dan kehidupan perkotaan yang merongrong bahkan program yang paling mengesankan untuk membuka museum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Zaha Hadid Mohammad - Arsitek Islam Dunia"

Posting Komentar