Pandit Ravi Shankar - Komposer Klasik India

Biografi Profil Biodata Pandit Ravi Shankar Komponis IndiaRavi Shankar yang lahir 7 April 1920, di Varanasi, Uttar Pradesh, India dan meninggal 11 Desember 2012, di La Jolla, San Diego, California adalah seorang komposer India yang terkenal karena kepiawaiannya memainkan sitar. Ia adalah murid dari Allauddin Khan seorang pendiri Maihar gharana yaitu sekolah musik klasik India.

Pandit Ravi Shankar adalah seorang instrumentalis India yang terkenal dengan karya rintisannya yang membawa kekuatan dan pesona musik klasik tradisi India ke dunia Barat. Ini dilakukan melalui kerjasamanya dengan The Beatles khususnya George Harisson dan juga karena kharisma pribadinya sendiri. Karier musiknya merentang selama lebih dari enam dekade dan Shankar baru-baru ini memegang Rekor Guinness untuk karier internasional terlama.

Sitar (Urdu/Persia: سه‌تار ṣītār, Hindi: सितार) adalah salah satu jenis alat musik yang berasal dari Asia Selatan. Alat musik klasik Hindustan yang menggunakan dawai/senar. Alat musik ini menggunakan dawai simpatetik bersama dengan dawai biasa dan ruang resonansi menggunakan gourd (sejenis buah-buahan yang dikeringkan dan berongga di dalamnya) sehingga menghasilkan suara yang unik.

Sitar merupakan alat musik yang sering digunakan dalam seni musik klasik hindustan sejak Zaman Pertengahan. Sitar diyakini telah diturunkan dari Veena instrumen kuno India dan dimodifikasi oleh musisi pengadilan Mughal agar sesuai dengan selera pelanggan Persia dan dinamai alat Persia yang disebut Setar (berarti "tiga senar"). Sejak itu, sitar mengalami banyak perubahan, dan sitar modern yang berkembang di India abad ke-18.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pandit Ravi Shankar - Komposer Klasik India"

Posting Komentar