Eiji Tsuburaya - Sutradara Godzilla & Ultraman

Eiji Tsuburaya - Sutradara Godzilla dan UltramanEiji Tsuburaya lahir 7 Juli 1901 - 25 Januari 1970, di Sukagawa, Fukushima adalah Direktur efek khusus Jepang yang bertanggung jawab untuk banyak Film Fiksi Ilmiah Jepang, menjadi salah satu pencipta Godzilla seri, serta pencipta utama Ultraman.

Tsuburaya adalah anak pertama dari Isamu dan Sei Tsuburaya. Ibunya meninggal ketika ia tiga tahun dan ayahnya pindah ke China untuk bisnis keluarga. Eiji dibesarkan oleh pamannya Ichiro dan nenek dari pihak ayah, Natsu. Dia bersekolah dasar di Sukagawa Choritsu Dai'ichi Jinjo Koutou Shogakko pada tahun 1908, dan dua tahun kemudian ia mengambil hobi model bangunan pesawat terbang, karena keberhasilan sensasional penerbang Jepang, minat dia akan mempertahankan untuk sisanya hidupnya.

Pada tahun 1915, pada usia 14 tahun ia lulus setara dengan SMA dan mendaftar di Nippon sekolah Terbang di Haneda. Setelah sekolah ditutup karena kematian pendirinya Seitaro Tamai pada tahun 1917, Tsuburaya menghadiri sekolah perdagangan. Ia cukup sukses di departemen penelitian dan pengembangan Utsumi perusahaan mainan, lalu pada tahun 1919, ditawari pekerjaan oleh sutradara Yoshiro Edamasa.

Sebagai kepala Visual Effects Departemen Toho pada tahun 1939, ia mengawasi sekitar enam puluh pengrajin, teknisi dan juru kamera. Di sinilah ia menjadi bagian dari tim, bersama dengan sutradara Ishiro Honda dan produser Tomoyuki Tanaka, yang menciptakan film Godzilla pada tahun 1954, dan dijuluki oleh Toho dunia periklanan departemen sebagai "The Golden Trio".

Untuk karyanya di Godzilla, Tsuburaya memenangkan pertama "Film Teknik Award". Tsuburaya bisa menambah realisme efek dengan memberi mereka sedikit lebih lambat, pembobotan lamban. Teknik ini masih digunakan hari ini dan sekarang dianggap sebagai seni kerajinan tradisional Jepang.

Keberhasilan luar biasa dari Godzilla menyebabkan Toho menghasilkan film-film seri fiksi ilmiah, film monster baru dan film melibatkan Godzilla. Yang paling kritis dan populer sukses dari film-film ini adalah mereka yang melibatkan tim dari Tsuburaya, Honda dan Tanaka, bersama dengan anggota keempat tim Godzilla, komposer Akira Ifukube. Tsuburaya terus menghasilkan efek khusus untuk film non-kaiju seperti The H-Man (1958), The Last War (1961) dan film fiksi ilmiah The Mysterians .

Ia juga memenangkan penghargaan lain pada tahun 1959 untuk penciptaan "Toho Sistem serbaguna", printer optik untuk gambar layar lebar, yang dibangun di rumah dan pertama kali digunakan pada The Three Treasures pada tahun 1959. Tsuburaya terus bekerja di Toho Studios sampai kematiannya pada tahun 1970.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Eiji Tsuburaya - Sutradara Godzilla & Ultraman"

Posting Komentar